Taman Taman RPTRA Kece - Tempat Gaul Kekinian Warga Jakarta





 
Tahukah kamu, saat ini warga Jakarta bisa mengadakan berbagai aktivitas di Taman Taman, dari mulai berolahraga, kegiatan edukasi dan bermain, hingga mengadakan pesta resepsi pernikahan secara GRATIS ???

Beberapa tahun lalu kalo pas ke Seoul- Korea Selatan, saya selalu iri liat di sana banyak taman bagus tempat beraktivitas warga, dari mulai berolahraga, ngumpul bareng sampe piknik keluarga. Sampae saya ngimpi kapan Jakarta bisa punya taman taman bagus seperti itu. Eh ternyata impian itu sekarang jadi kenyataan. 

Sejak dua tahun belakangan, banyak dijumpai Taman Taman RPTRA (Ruang Publik Taman Ramah Anak) sebagai Pusat Aktivitas warga, yang terdapat di tiap kelurahan. Pembangunan RPTRA ini adalah ide dari Ibu Veronica Tan, istri Pak Ahok yg juga adalah Ketua PKK se-Jakarta. Dan dalam pembangunan tiap RPTRA dilibatkan dan diberdayakan para ibu ibu PKK setempat.


Di tiap RPTRA, dilengkapi dengan taman bermain anak, lapangan olahraga, perpustakaan hingga ruang aula yg bisa digunakan utk semua aktivitas warga secara GRATIS. Semua RPTRA juga dilengkapi dengan free wifi dan jg ruang menyusui untuk Ibu. .Duh, Nikmat mana lagi yang kau dustakan..




Hanya dua tahun saja sejak ide Taman RPTRA direalisasikan, di Jakarta saat ini sudah ada sekitar 70an dan sedang dalam proses pembangunan hingga sekitar 180 buah. Taman RPTRA yang juga sekaligus pusat beraktivitas warga, dari berolahraga, berinteraksi, dan bermain. Saat ini byk perusahaan berlomba lomba utk memberi program donasi / CSR utk membangun RPTRA secara full, tanpa pemerintah keluar uang sepeserpun. Yang terbaru adalah dibangunnya Taman Skatepark Kalijodo yg beritanya sedang booming, dan didanai penuh oleh SinarMas Land.




Di tempat tinggal saya, dalam satu kelurahan saja (kel. Rawa Badak Utara) ada dua RPTRA baru, yang kesemuanya adalah donasi dari perusahaan (Segitiga Biru). Setiap hari , rame banget itu taman taman dikunjungi orang, dari mulai utk bermain, piknik keluarga, sampe rapat warga. Padahal tempat dibangunnya taman RPTRA itu dulunya kawasan bantaran kali yg kumuh dan suram.

Dan yang paling keren itu, taman taman RPTRA ini bisa digunakan utk menyelenggarakan pesta resepsi pernikahan warga secara GRATIS (yah kalaupun bayar, paling bayar uang kebersihan yang gak seberapa).....Menurut Pak Ahok, daripada warga bikin pesta pernikahan di gang gang sempit yang nutupin jalan, mendingan bikin pestanya di taman RPTRA aja....

Ya ampun, Pak Ahok, sampe tempat pesta kawinan warga aja dipikirin segala....tapi sampe sekarang sih belum ada warga yg pake taman RPTRA ini buat pesta kawinan...tp mungkin belum banyak warga
yang tau tentang ini...nanti deh saya jadi yang pertama bikin pesta kawinan di taman RPTRA ini....hihihi

Mau tau beberapa rekomendasi 10 taman kece di Jakarta? coba baca artikel dari hot tread kaskus ini
 https://www.kaskus.co.id/thread/58879da2ded770db768b456b/10-taman-terbaik-di-jakarta-yang-harus-agan-sistah-coba-kunjungi/
  




Kini Warga Jakarta bisa wisata keliling kota gratis dengan bis ini




Tahukah kamu, sekarang ini warga Jakarta bisa jalan jalan keliling kota dengan bis wisata GRATIS?? Bukan itu aja, warga Jakarta jg bisa pinjam/booking bis ini GRATIS utk dipakai rombongan.

Bis tingkat untuk  wisata keliling kota (Hop on- Hop off Bus) seperti ini banyak ditemui di kota kota besar dari Seoul, Singapura, hingga Kuala Lumpur, tapi biasanya berbayar antara Rp 150rb- Rp 200rb. Salah satu impian saya dahulu adalah kota Jakarta bs punya bis wisata seperti ini. 



Makanya saya girang banget pas di th 2014 Pemrov DKI Jakarta meluncurkan Bis Tingkat Wisata ini, dan GRATISSS pula ...iiih senengnya. Ga lama stlh bis ini diluncurkan, saya kepikiran meluncurkan buku baru Book "Do What You Love. Love What You Do" di bis ini. Setelah mengajukan proposal ke pihak Pemda, eh ternyata disambut dg baik dan saya dibolehkan pinjam bis keliling wisata ini untuk acara peluncuran buku saya yg begitu berkesan.
                                     (suasana peluncuran buku saya dalam bis wisata)


Ide awal bis wisata ini memang dimulai saat Jokowi masih jd Gubernur dengan diluncurkan 4bis saja dg rute Balai Kota-bundaran HI. Sejak Pak Ahok jadi Gubernur, armada bisnya ditambahkan jadi belasan bis dengan penambahan berbagai rute smp ke Kota Tua dan juga bundaran Senayan. Bahkan saat ini banyak perusahaan berlomba lomba menyumbangkan donasi / CSR dalam penyediaan bus wisata ini, makanya ada bis wisata yg bodinya berlogo Coca Cola dan Bank CIMB Niaga dll. Dan semua bis wisata keliling Jakarta ini semuanya dilengkapi WIFI...jadi kalo kamu pas lagi fakir wifi, naik aja bis ini bisa sekalian ngadem dan jalan jalan keliling kota...tuh kan nikmat mana lagi yang kau dustakan?


Kamu mau naik bis wisata keliling ini? naeknya harus di halte bus yg ada sign (city tour bus), bisa naik dari halte balaikota, istiqlal, atau di dpn Museum Gajah. Kalau naik bis ini di hari weekend, antriannya panjaang banget....Jadi kalau males antri, mendingan coba di hari biasa aja. Bis ini beroperasi dari jam 8pg sampe jam 9mlm. Kalau mau pake bis ini utk rombongan sekolah dll bisa juga, langsung hub management Transjakarta, contactnya bs cek di transjakarta.co.id


Btw, ini video liputan dari peluncuran buku saya di Bis Wisata Keliling Jakarta Peluncuran Buku Do What You Love Love What You Do
 
#HappyCitizens #JakartaTouristGuide

Baca Juga Yang Satu Ini

Ada Xanana Gusmao di Perayaan Mandi Mandi di Kampung Tugu tahun ini

Tahukah Anda, di ujung utara Jakarta, ada sebuah kawasan yang merupakan kampung Kristen tertua di Jakarta dan juga di Indonesia?  ...