5 Kuliner Jadul Yang Harus Dicoba di Jl. Suryakencana Bogor


Jalan Jalan ke Bogor emang ga bisa lepas dengan yang namanya dengan Wisata Kuliner. Kota Bogor dikenal sering menghasilkan ragam kuliner kekinian yg jadi ngehits, dari mulai Makaroni Panggang, Brownies Talas, hingga yang terbaru adalah Rain Cake kreasi artis Shireen Sungkar.

                    (Gerbang menuju Jl. Suryakencana)

Salah satu kawasan yang terkenal sebagai surga kuliner di Bogor adalah Jl. Suryakencana, yang terkenal dengan kawasan China Town –nya Bogor. Yang spesial di kawasan ini, juga banyak ditemui berbagai kuliner jadul, yang mungkin sudah sulit kita temui di tempat lain. Kalau berwisata kuliner di Bogor, selain berburu jajanan kekinian yg lagi ngehits, seru juga berburu kuliner jadulnya.

Ini dia top 5 Kuliner Jadul versi Creative Traveler, yang kudu kamu coba di sepanjang Jl.Suryakencana, Bogor

1.Dodongkal 

Ini Jajanan jadul khas Sunda, terbuat dari talas, tepung beras dan ditabur gula merah seabrek abrek, rasa manisnya unik banget! Seporsinya cuma 10rb perak,tapi ngenyangin banget! 

Dodongkal ini disajikan diatas daun pisang dan ditaburi parutan kelapa dan gula merah. Makanan ini dahulu banyak ditemui di beberapa daerah Jawa Barat, seperti Bandung, Sukabumi, Cianjur dan Bogor. Di Bandung , Dodongkal dikenal dengan nama Awug. Dahulu, Dodongkal biasa disajikan bersama secangkir teh sebagai kudapan sore hari.
 
Saat ini, Dodongkal termasuk jenis kuliner jadul yang sudah jarang dijajakan di kaki lima, tp kalo mau cari Dodongkal ini di Bogor masih ada di sepanjang jalan Surya Kencana, tepatnya dekat Gang Aut .


2. Es Bir Kocok 



Saya pikir Es Bir Kocok ini sama dengan Bir Pletok asal Betawi ternyata beda. Es Bir Kocok Ini Minuman tradisional khas Bogor yg terbuat dari jahe, kayu manis dan gula aren.

Walaupun namanya "Bir", tapi minuman ini gak mengandung alkohol sama sekali. Lalu kenapa namanya bir kocok? Karena saat bikinnya kudu dikocok kocok,trus habis dikocok ada busa jadi deh keliatan kayak bir. Secara visual,  Es Bir Kocok memang menyerupai Bir yang mengandung alkohol. Warna kuning gelap Bir Kocok berasal dari bubuk kayu Manis bercampur dengan cengkeh, gula, dan jahe. Lalu ketika semuanya dikocok dengan semangat di sebuah tabung stainless steel, keluarlah busa berwarna putih, menyerupai minuman Bir dingin dalam gelas yang banyak disajikan di kafe kafe.
 
Minuman Es Bir Kocok banyak dijual di sepanjang Jl.surya kencana,harganya cuma goceng dan mangtab diminum siang bolong. Kalo ke Bogor jangan lupa cari Bir Kocok ini!

3. Aneka Pepes Sagu 



Saya nemu penjual makanan unik ini gak sengaja saat lagi berhenti sebentar deket Gang Aut, eh liat ada mobil yg jual aneka pepes dari mulai aneka pepes ikan (ikan kembung,nila,tenggiri dll ) pepes pisang coklat, Pepes pisang keju, Pepes nangka dll.. 

Saya pikir unik juga nih, biasanya pepes itu kan adanya isi ikan,jamur, tahu, atau yang gurih. Tapi ini ada pisang di pepes isi coklat dan keju pula. Rata rata pepes harganya 7rb-15rb, saya cobain yg Pepes pisang dan nangka,rasanya mirip ketimus cuma ini lebih manis dan coklatnya lumer di lidah..walaupun pepes ini cuma gerobakan di pinggir jalan, tapi kata si penjualnya ,pepes buatannya udah sering diulas di banyak acara kuliner di tipih..widih kok keren sih

4. Asinan Jagung Bakar 



Kalau biasanya jalan jalan ke Bogor orang cari Asinan sayur...nah yang ini juga Asinan khas Bogor yang unik, isinya jagung bakar dan dipakein cuka spt Asinan biasa..jagungnya harus dibakar dulu baru dicampur dengan cuka asinan dan dimakannya pake krupuk Tambah mantab..Asinan Jagung Bakar ini seporsi 15rb dan banyak ditemukan di ujung Gang Aut.

Salah satu penjual Asinan Jagung Bakar di Jl. Suryakencana adalah Pak Sabur (56 th) yang sudah berjualan asinan sejak tahun 1980. Ia juga meneruskan usaha keluarga yang berjualan asinan Jagung Bakar sejak tahun 60-an. Jadi resep Asinan Pak Sabur adalah  resep yang diperoleh turun temurun. Menurut Pak Sabur, banyak langganan yang datang berasal dari Bekasi, Bandung hingga Sukabumi.


5. Lumpia Bogor 





Tadinya saya pikir Lumpia Bogor ini sama dengan Lumpia Bandung ternyata beda. Lumpia Bogor ini lebih mirip dengan Lumpia Basah asal Semarang . Ciri khas Lumpia Bogor ini adalah isi bengkoang dan sayur sayuran dan dimasak dengan cara dibakar. 

Cara memasaknya pun masih menggunakan tungku dan arang, membuat rasanya jadi sedikit berbeda dengan lumpia-lumpia basah yang lain. Yang membedakan Isi Lumpia Bogor dan Lumpiah Basah Semarang adalah  Lumpia Bogor menggunakan Bengkoang, sedangkan Lumpia Semarang isinya rebung. Saat isi lumpia ditumis, bau harumnya kemana mana dan menggoda setiap pejalan kaki yang melintas.

Salah satu penjual Lumpia Basah Bogor di Jl. Suryakecana adalah Pak Alen namanya yang sudah berjualan sejak tahun 1972. Beliau juga bercerita bahwa sampai saat ini dia mempunyai banyak pelanggan yang tetap setia membeli lumpianya dari zaman dulu hanya 50 perak sampai sekarang sudah Rp 8.000...wuiih mungkin juga  pelanggannya Pak Alen sudah turun menurun antar generasi tuh. 

Nah Gimana sudah siap berburu kuliner jadul saat jalan jalan ke Bogor liburan ini?? 






1.Dodongkal Ini Jajanan jadul khas Sunda, terbuat dari tales, tepung beras dan ditaburgula merah seabrek abrek,rasa manisnya unik banget! Seporsinya cuma 10rb perak,tapi ngenyangin banget! Dodongkal ini jenis kuliner jadul yang skr jarangditemui, tp kalo mau cari Dodongkal ini di Bogor msh ada di sepanjang jalanSurya Kencana dekat Gang Aut Dokumentasi pribadi Dokumentasi pribadi 2. Es Bir Kocok Saya pikir Es Bir Kocok ini sama dengan Bir Pletok asal Betawi ternyata beda. Es Bir Kocok Ini Minuman tradisional khas Bogor yg terbuat dari jahe, kayu manis dan gula aren.Knp namanya bir kocok? Krn bikinnya kudu dikocok2,trus hbs dikocok ada busa jd deh kliatan kyk bir. Minuman ini byk dijualdi spanjang Jl.surya kencana,harga cuma goceng dan mangtab diminum siang bolonggini. Kalo ke Bogor jgn lupa cari Bir Kocok ini! Dokumentasi pribadi Dokumentasi pribadi 17098445-10210098523792768-6042327665928930295-n-58c963a9c323bd423750c2b8.jpg 17098445-10210098523792768-6042327665928930295-n-58c963a9c323bd423750c2b8.jpg 3. Aneka Pepes Sagu Saya neemu penjual makanan unik ini gak sengaja saat lagi berhent sebentardeket Gang Aut, eh liat ada mobil yg jual aneka pepes dari mulai aneka pepesikan (ikan kembung,nila,tenggiri dll ) pepes pisang coklat, Pepes pisang keju, Pepes nangka dll.. Saya pikir unik juga nih, biasanya pepes itu kan adanya isi ikan,jamur, tahu, atau yang gurih. Tapi ini ada pisang di pepes isi coklat dan keju pula. ata rata pepes harganya 7rb-15rb, sy cobain yg Pepes pisang dan nangka,rasanya mirip ketimus cuma ini lbh manis dan coklatnya lumer di lidah..walaupun pepes ini cuma gerobakan di pinggir jalan, tp kata si penjualnya ,pepes buatannya udh sering diulas di byk acara kuliner di tipih..widih kok keren sih Dokumentasi pribadi Dokumentasi pribadi 17098472-10210089585569318-7727936845809797426-n-58c962de927e612808dcec21.jpg 17098472-10210089585569318-7727936845809797426-n-58c962de927e612808dcec21.jpg 4. Asinan Jagung Bakar Kalo biasanya ke Bogor orang cari Asinan sayur...nah yg ini juga Asinan khasBogor yg unik, isinya jagung bakar dan dipakein cuka spt Asinan biasa..jagungnya harus dibakar dulu baru dicampur dengan cuka asinan dan dimakannya pake krupuk Tambah mantab..Asinan Jagung Bakar ini seporsi 15rb dan byk ditemukan di ujung Gang Aut Dokumentasi pribadi Dokumentasi pribadi Dokumentasi pribadi Dokumentasi pribadi 5. Lumpia Bogor Tadinya saya pikir Lumpia Bogor ini sama dengan Lumpia Bandungternyata beda. Lumpia Bogor ini lebih mirip dengan Lumpia Basah asal Semarang.Isi Lumpia Bogor ini adalah bengkoang dan sayur sayuran dan bikinnya dengan dibakar. 17155969-10210134198804621-4888040568806817866-n-58c9633e5693736d3d5ef3a8.jpg 17155969-10210134198804621-4888040568806817866-n-58c9633e5693736d3d5ef3a8.jpg 17201320-10210134200044652-6209485848500499196-n-58c9635fc323bdb43850c2ba.jpg 17201320-10210134200044652-6209485848500499196-n-58c9635fc323bdb43850c2ba.jpg Dengan perut begitu kekanyangan dan muka yang sumringah, saya dan teman2 KPK pun bersiap kembali ke Jakarta menaiki kereta, dan menggunakan kartu Danamon Flazz yanyar hadiah dari Bank Danamon....What a Happy Day !

Selengkapnya : http://www.kompasiana.com/iralathief/kpk-trip-to-bogor-dan-5-kuliner-yang-harus-dicoba-di-jalan-suryakencana_58c95e5a55977327129f2f9d

No comments:

Baca Juga Yang Satu Ini

Ada Xanana Gusmao di Perayaan Mandi Mandi di Kampung Tugu tahun ini

Tahukah Anda, di ujung utara Jakarta, ada sebuah kawasan yang merupakan kampung Kristen tertua di Jakarta dan juga di Indonesia?  ...