Jalan Jalan ke "Sekolah Obama", salah satu Wisata Kreatif di Jakarta.

 
Jalan Jalan ke "Sekolah Obama", salah satu Wisata Kreatif di Jakarta. 

 
Sebelum Obama dan keluarganya berliburan di Indonesia, yg bikin tempat tempat wisata di Bali dan Jogja jadi berita dunia, ada satu tempat di Jakarta yang udah "mendunia" karena Obama, yaitu SDN Menteng 1 atau dikenal sebagai "Sekolah Obama"

Sekolah yang berlokasi di Jl. Besuki 1 Menteng ini, dulunya adalah tempat Obama kecil bersekolah selama 4 tahun saat orangtuanya tinggal di Jakarta. Saat Obama terpilih jadi Presiden AS, sekolah ini pun menjadi terkenal untuk dikunjungi, terutama oleh turis turis dari orang Amerika. Begitupun saya sering membawa turis turis ke Amerika saat City Tour ke tempat ini (dengan catatan, sebelumnya saya tanya dulu ke mereka apakah mereka pendukung Obama atau bukan....kalo bukan, saya hindari ajak kesini...hehehe)


Di sekolah ini, para wisatawan diperbolehkan untuk masuk dan melihat lihat suasana dalam sekolah, bahkan melihat seperti apa suasana kelas Obama dulu. Begitu sampai di depan sekolah ini, kita akan langsung lihat informasi tentang "Sekolah Obama" yang terpampang di plakat depan gerbang. Juga di bagian halaman terdapat patung Obama kecil dengan tulisan inspiratif : "Si Kecil Barry bermain bersama ibunya Ann di daerah Menteng. Ia tumbuh menjadi Presiden Amerika ke 44, dan penerima Nobel Perdamaian "

                        (Pak Ahok saat berkunjung ke Sekolah Obama, foto : detik.com)

Sedikit cerita tentang Patung Obama kecil ini, pembuatannya digagas oleh teman teman sekelas Obama di SD ini (yang sudah menjadi orang orang sukses di bidang masing2) , tidak lama saat Obama terpiih menjadi Presiden Amerika. Awalnya patung ini diletakkan di area Taman Menteng, dan saat peresmiannya pun dihadiri oleh Dubes Amerika utk Indonesia. Tapi lalu ada protes protes dari orang orang yang mempertanyakan kenapa sampe perlu dibikin patung sosok asing yang di pasang di tempat umum "Kenapa ga dibikin patung Bambang Pamungkas aja sih", gitu contoh protesnya

                        (Peresmian Patung Obama saat di lokasi lama, Taman Menteng)

Akhirnya, biar ga makin banyak orang orang protes, Patung Obama tersebut dipindahkan ke halaman SD Menteng ini, dan tentu pemilihan lokasi baru ini lebih "nyambung" karena disinilah memang tempat Obama pernah bersekolah. Dan sejak itu emang ga ada lagi suara suara sumbang tentang Patung Obama

Dan berkat Obama, sekolah ini memang jadi "mendunia". Saking banyaknya turis turis asing yang berdatangan ke tempat ini, termasuk oleh rombongan rombongan turis dari kapal pesiar yang singgah di Jakarta, pihak sekolah menugaskan beberapa siswa terpilih sebagai"pemandu cilik" yang gape menjelaskan tentang sekolah itu, tentu dengan bahasa inggris yang cas cis cus. Turis turis asing seringkali terkesima mendengarkan penjelasan para "Tour Guide" cilik itu sambil berkeliling sekolah. Saya juga sering berdecak kagum melihat keahlian para siswa cilik itu memandu para turis, kalah gape deh saya yang Tourist Guide beneran




Tapi ga cuma wisatawan asing, kadang kadang saya juga bawa wisatawan lokal kesini untuk Tur, karena banyak warga Jakarta sendiri belum pernah kesini


Bagaimana dengan Anda? sudah pernah berwisata ke tempat mantan orang no.1 di Amerika bersekolah dan sering jajan bakso dan Mie Ayam di depan sekolahnya ?  :)




1 comment:

Maria G. Soemitro said...

Wah bagus sekali menugaskan anak2 jadi guide

Mereka berlatih bahasa dan kepercayaan diri

Baca Juga Yang Satu Ini

Ada Xanana Gusmao di Perayaan Mandi Mandi di Kampung Tugu tahun ini

Tahukah Anda, di ujung utara Jakarta, ada sebuah kawasan yang merupakan kampung Kristen tertua di Jakarta dan juga di Indonesia?  ...