Taman Kalijodo - Ikon baru kota Jakarta




                                                         (foto : brillio.net)
Setujukah Anda, jika Taman Kalijodo dijadikan ikon baru kota Jakarta?

Beberapa kali saya ke Taman KaliJodo ini, ketemu dengan wisatawan2 lokal dari luar Jakarta dan luar Jawa, yang lagi berlibur ke Jakarta, dan sengaja nyempetin buatliat Taman Kalijodo yg namanya sedang booming. Warga Jakarta boleh ikut berbangga hati ada Taman pusat aktivitas berkualitas internasional seperti di Taman Kalijodo ini.

Hal ini pun tidak saya sadari sebelumnya, sampai saya mendengar pemaparan Pak Yori Antar, seorang Arsitek kenamaan yg dijuluki sebagai "Pendekar Arsitek Nusantara" saat ia berbicara kepada publik di Rumah Lembang. Ia bercerita, dirinya juga bersama para arsitek Indonesia sudah lama memimpikan adanya ruang ruang hijau di Jakarta yang berfungsi sebagai pusat aktivitas dan interaksi warga, seperti juga di kota kota besar negara maju. Dan hal itu banyak direalisasikan Gubernur Ahok dalam dua tahun belakangan ini, yg telah membangun ratusan Taman RPRTRA (Ruang Publik dan Ruang Terbuka Ramah Anak) diberbagai pelosok Jakarta. 


                                                          foto : brillio.net

Dahulu, taman taman di Jakarta, yah hanya sekadar ruang hijau yg tdk bs berfungsi banyak utk kegiatan warga. Tapi dg dibangunnya konsep Taman RPTRA,skr warga bisa melakukan byk hal disini, dari berolahraga, bermain hingga berbagai kegiatan edukasi hingga warga bisa lbh sering berinteraksi jugamenjadi manusia yg lebih bahagia. Karena tiap Taman RPTRA dilengkapi dg tamanbermain, lapangan bola/basket, perpustakaan, aula utk warga, dan berbagai fasilitas publik lainnya.

Ada juga taman RPTRA yg secara khusus dibuat tematik sesuai kebutuhan warga, seperti Taman RPTRA Skatepark Kalijodo yg ada fasilitas khusus runaway utk skateboard, sepedahan, dan sepatu roda.



                                                      (foto : briilo.net)

Dan upaya Gubernur Ahok utk "memanusiakan" dan membahagiakan warganya melalui pembangunan fiisik Taman Taman RPTRA inilah yg diapresiasi oleh kalangan arsitek Indonesia. Khusus utk Taman Skatepark Kalijodo, Pak Yori Antar mengakui kualitas Skatepark di Kalijodo mempunyai standar internasional, karena itulah warga Jakarta harus bangga memiliki Taman Kalijoodi ini, dan ia pula yang mengusulkan Kalijodo sebagai "New Icon of Jakarta", seperti halnya Monas atau Kota Tua.

Beberapa tahun pun lalu saat pergi ke kota kota negara maju seperti Singapore dan Seoul, Korea Selatan, saya sering lihat ada taman taman cantik yang sering dijadikan ruang publik tempat warga berbagai usia melakukan banyak aktivitas. Saat itu saya sering iri dan membatin, "Kapan ya di Jakarta ada taman taman cantik tempat berkumpul warga seperti ini? " ...Eh ga sangka, dua tahun belakangan ini impian saya itu terwujud, dengan makin banyaknya taman taman RPTRA di berbagai kelurahan Jakarta, termasuk yang terbaru dan terheboh yaitu Taman Kalijodo ini. 

Bicara Taman Kalijodo, bukan sekedar cerita tentang kondisi fisiknya saat ini, tapi juga tidak bisa dilepaskan dari kisah bagaimana dulunya di lokasi dikenal sebagai tempat pelacuran kelas bawah, dimana wanita dijual dan anak anak dipekerjakan. Perubahan Kalijodo dari tempat yang tertutup "ramah om om" menjadi ruang publik "ramah anak dan ramah keluarga" menjadikan kisah Taman Kalijodo ini mempunyai kisah spesial tersendiri sebagai adanya transformasi kemanusiaan yang mengagumkan.

Saya pun sudah beberapa berkunjung kesini untuk membawa City Tour warga Jakarta dan semua peserta Tur sangat kagum dengan wujud Kalijodo ini. Bahkan saat saya membawa nenek saya yang sudah renta ke Kalijodo, ia sangat takjub dan senang sekali, bahkan meminta saya untuk dibawa kesana lagi.


Jadi, kalau ada wisatawan atau handai taulan yang sedang pelesiran ke Jakarta, jangan lupa ke Taman Kalijodo ya...belum lengkap ke Jakarta, kalau belum ke Kalijodo....trus kalo butuh Tourist Guide buat nemenin puter2 Jakarta, tau kan siapa yang harus dihubungi...hehehe

Apahh...kamu warga Jakarta tapi belum ke Kalijodo? Ga kekinian deh kamyuuuu 

No comments:

Baca Juga Yang Satu Ini

Ada Xanana Gusmao di Perayaan Mandi Mandi di Kampung Tugu tahun ini

Tahukah Anda, di ujung utara Jakarta, ada sebuah kawasan yang merupakan kampung Kristen tertua di Jakarta dan juga di Indonesia?  ...