Wednesday, March 08, 2017

Jakarta Creative Hub- Tempat Nongkrong Baru Insan Kreatif Jakarta





Seperti Apa Isi dari Jakarta Creative Hub? 

Kabar Gembira untuk Insan Kreatif di Jakarta nih! Kini ada Co-working Space pertama punya Pemda DKI yang bisa digunakan oleh warga Jakarta buat tempat kerja, tempat berkarya/belajar bareng, dan juga saling berkolaborasi. Buat yang belum tau, Co-working Space ini adalah semacam tempat kerja atau kantor bersama. Kalo di Singapura, Co-working space seperti ini juga difasilitasi pemerintah lokal. 



Di Jakarta, beberapa tahun belakangan ini ada jg Co-working Space punya swasta, tp biayanya lumayan mahal dengan fasilitas terbatas, paling hanya tersedia ruang terbuka, ruang meeting, dan kantor virtual. Dokumentasi Pribadi Dokumentasi Pribadi Tapi di Jakarta Creative Hub ini fasilitasnya Warbiyazaah! Fasilitasnya disini banyak banget. Ada ruang terbuka yang dilengkapi free wifi, cafe, ada ruang meeting/seminar, dan berbagai workshop kerja yang dilengkapi dg alat-alat canggih yang disediakan seperti komputer, mesin jahit, mesin press, sampe alat printer 3D juga ada. GILAKK kan? Ada juga perpustakaan yang buku-bukunya disupport oleh Toko Buku Kinokuniya dengan buku-buku how-to berbahasa inggris impor --kalo beli buku2 impor mahal kan ya booook!


 
Di tempat ini kita juga bisa ikutan berbagai workshop/pelatihan. Tadi siang pas saya ke sana kebetulan lagi ada Workshop gratis sehari untuk kelas bikin Tote Bag, kelas gambar dan Ilustrasi, dan kelas bikin dompet kulit. Dokumentasi Pribadi Dokumentasi Pribadi Dokumentasi Pribadi Dokumentasi Pribadi Dokumentasi Pribadi Dokumentasi Pribadi Jakarta Creative Hub ini memang dibuat Pemda DKI untuk memfasilitasi insan kreatif juga untuk membina para pelaku UKM yang baru merintis. 




Karena itu di tempat ini juga disediakan ruangan yang bisa dipinjam buat kantor oleh para wirausahawan/pelaku UKM. Kata petugasnya, sampe 6 bulan ke depan, ruangan kantor-kantor itu bisa dipakai gratis, selama memenuhi persyaratan dari pihak management. Bahkan para pelaku UKM juga bisa mendisplay produk-produknya di sini dan juga akan menjadi binaan dari Dekranasda (Dewan Kerajinan Nasional tingkat Daerah). 




Kabarnya lagi nih, Pak Ahok katanya mau buka banyak Jakarta Creative Hub seperti ini di berbagai wilayah Jakarta, biar katanya warga Jakarta makin kreatif dan bahagia. Makasih ya Pak Ahok, bersyukur bgt punya Gubernur yg perhatian banget dengan kebahagiaan warganya. Buat freelancer dan pekerja kreatif seperti saya, ada tempat seperti ini penting banget, minimal kalo mau nulis, enggak harus cari kafe buat nongkrong seharian. Eh tapi saya jadi kepingin buka kantor deh di sini, tapi kantor apa ya? Kalo kantor Biro Jodoh, takutnya ntar diragukan kredibilitasnya, hihihi. 

Cuzz yg mau lihat Jakarta Creative Hub atau tanya-tanya fasilitasnya, buruan kesana biar ga penasaran tempatnya di:
Gedung Graha Niaga Thamrin (Lt. 1), belakang Thamrin Jam buka: Jam 10 pagi - 5 sore IG : @jakartacreativehub

1 comment:

Elisa Koraag said...

Nice artikel. Terima kasih utk infonya. Mau ke sana ah