Wednesday, September 28, 2016

KARTONO Sang Jenius dari Timur, Sosok Inspirasi Bagi Kartini




                    *KARTONO, sosok terlupakan yang menjadi inspirasi besar bagi Kartini*



Setiap kali peringatan Hari Kartini, seringkali ada joke yang bilang...andai saja ada peringatan hari yang sama untuk kaum pria, pasti namanya Hari Kartono....ternyata sosok Kartono itu benar adanya, dan ialah sosok yang menginspirasi Kiprah seorang Kartini hingga dikenal hingga saat ini.

Siapakah Kartono?  RM Pandji Sosrokartono, adalah sarjana pertama orang pribumi yang (sayangnya) sosoknya sering terlupakan dalam bidang pendidikan. Kartono inilah sosok yang sangat dikagumi Kartini dan menginspirasi Kartini untuk memperluas wawasannya.
Jauh sebelum Indonesia merdeka, kiprah Kartono muda, yang mempunyai berbagai bakat luar biasa yang menguasai puluhan bahasa asing  (Polyglot)  telah dikenal luas di dunia barat. Saya selalu kagum dengan orang-orang yang bisa menguasai beberapa bahasa asing sekaligus (Polyglot). 

Kartono dijuluki "Si Jenius dari Timur", atas pengaruhnya yg luas di dunia barat. Ia juga adalah wartawan perang pertama Indonesia yg bekerja utk surat kabar berpengaruh The New York Herald, dan mengusai 24 bahasa asing (!!!) dan 10bahasa nusantara. Ini kemampuan yang luar biasa dan sangat langka, bahkan untuk 
ukuran saat ini.

                                   *Kartono Muda (sumber Museum RA Kartini, Jepara)*

Kartono juga dikenal sebagai fotografer pertama yang bisa memotret gunung dari atas udara, tanpa menggunakan pesawat/helikopter. Sebagian orang berpendapat, Kartono bisa melakukan hal tersebut karena ia punya kemampuan "terbang" , suatu kemampuan yang dipercaya hanya dimiliki oleh orang orang yang memiliki tingkat spritual tinggi. 



         *Foto Gunung Kelud yang diambil oleh Kartono (sumber Museum RA Kartini, Jepara)*

Karena itu, selain kiprahnya sebagai Wartawan/ Fotografer, Kartono juga dikenal sebagai Spiritualis dan Penyembuh, karena ia juga mampu menyembuhkan beberapa penyakit.

Kartono juga adalah sosok yang kehadirannya sering ditunggu tunggu Kartini. Kartini senang sekali mendengarkan cerita cerita dari surat surat yang dikirimkan sang Kakak tercinta yang telah berkelana ke banyak tempat. Dari cerita cerita Kartono, imajinasi dan wawasan Kartini pun mengembara ke banyak tempat. Kartono juga kerap mengirimi buku dan buletin kepada Kartini. Buku buku kiriman Kartono ini lah yang kelak menjadi pencerahan bagi Kartini untuk mendobrak tradisi dan melahirkan emansipasi wanita di Nusantara.

Kabarnya, sosok Kartono akan muncul dalam  film tentang Kartini dengan diperankan oleh Dian Sastro. Dan kabarnya lagi, aktor idola saya Reza Rahadian yang akan memerankan Kartono...wuiiiih ga sabar buat nonton si ganteng Reza Rahadian memerankan Kartono, pasti cucok bingits.

No comments: