Monday, July 04, 2016

Melongok Megahnya Terminal 3 Ultimate - Bandara Kebanggaan Indonesia

Bisakah suatu bandara jadi kebanggaan warganya??
Jadi ceritanya, sekitar 15 tahun lalu saat berkunjung ke negara Malaysia dalam program pertukaran program pemuda SSEAYP, orang tua angkat saya disana sempat mengajak jalan jalan ke Bandara KLIA (Kuala Lumpur Int'l Airport) yang saat itu baru diresmikan. Saat itu, saya bingung, apa sih istimewanya sebuah bandara sampe orang tua angkat saya repot repot ngajak jalan jalan kesana. Setibanya di bandara KLIA , orang tua angkat saya dengan bangganya menceritakan tentang kemegahan bandara KLIA , dan mengajak saya poto poto di berbagai sudut airport. Pengalaman itu cukup berkesan bagi saya, karena sebelum sebelumnya, saya ga pernah di ajak ke sebuah bandara hanya untuk "pelesiran" dan "pepotoan". Saat itu saya masih nggak ngerti fungsi dan arti sebuah bandara.
Belasan tahun kemudian ketika bekerja di bidang pariwisata, saya baru menyadari fungsi sebuah Bandara, yang bukan sekadar tempat "lalu lalang" orang yang bepergian dg pesawat. Sebuah Bandara, juga bisa menunjukkan kemajuan teknologi dan pencapaian sebuah negara. Sebuah Bandara, juga bisa menjadi sebuah "icon" dan juga identitas yg membanggakan bagi warganya.
Saat membangun Terminal 3- Ultimate, PT. Angkasa Pura pun mempunyai cita cita untuk menjadikan terminal internasional terbaru di Soekarno Hatta ini sebagai bandara yang menjadi "Kebanggaan Indonesia" . Bandara Soekarno Hatta yg selama ini adalah pintu gerbang utama saat memasuki Indonesia, akan mempunyai terminal modern dan canggih, yang ga kalah dengan kemegahaan Changi Int'l Airport di Singapura atau KLIA di Kuala Lumpur .
Beruntung sekali, sabtu kemarin saya bersama para blogger dan media mendapatkan kesempatan melongok kemegahan Terminal 3 Ultimate, sebelum terminal ini dibuka unttuk umum di bulan Agustus. Proyek pembangunan terminal canggih ini katanya memakan biaya sekitar 10 Trilyun dan menempati lahan sekitar 442 hektar (kalo lari marathon disini bs berapa ratus kali puteran tuh!). Desain interior Terminal 3 Ultimate ini juga bisa dibilang sangat modern dan "sophisticated" , tapi saat saya datang kemarin, nuansa "keindonesiaan" nya tidak terasa. Tapi menurut Bpk. Budi Karya, Dirut PT Angkasa Pura, nantinya di Terminal 3 Ultimate akan banyak di tambahkan berbagai karya seni anak bangsa, dari mulai lukisan hingga patung patung. Di Terminal 3 Ultimate ini jg nantinya akan banyak digelar pameran pameran seni dan budaya yg bs memperkenalkan kekayaan Indonesia. Dan yg lebih keren lagi, saat ini dari Terminal 3 - Ultimate ini sedang dibangun jalur kereta api cepat/ commuter yg menghubungkan Bandara Soekarno Hatta dengan Stasiun Manggarai, yg rencananya sdh bisa beroperasi bulan Maret 2017. Malah katanya saking canggihnya nanti commuter nya pun tanpa awak, alias tanpa masinis..wuiih ngeri ngeri sedepp.
Wah jadi ga sabar nih nungguin bandara super keren dan "instagram-able" ini segera beroperasi, supaya nanti saja bisa ajak turis turis saya pepotoan disinih...wkwkwkww ‪#‎BanggaIndonesia ‬

No comments: