Ciri-Ciri Manusia Di Atas Rata-Rata



APAKAH ANDA MASUK AKAL??
(Ciri-Ciri Manusia Di Atas Rata-Rata)

MENARIK . Sebuah penelitian yang dilakukan oleh Carl Roger memaparkan tentang kelompok orang-orang yang telah mencapai Potensi Tertingginya sebagai manusia, yang disebutnya sebagai “Self Actualized” dan Fully Fuctioning . Penelitian Roger dimulai dengan meneliti tokoh-tokoh hebat dunia, seperti Albert Einstein, Abraham Lincoln, Eleanor Roosevelt, Ruth Benedict, kemudian diperluas obyek penelitiannya kepada lingkup masyarakat yang lebih umum.

Kelompok Self Actualizer ini- yang disebutkannya memiliki kepribadian EKSENTRIK - mempunyai tingkat kecerdasan di atas rata-rata dalam aspek intelektual, emosional, dan spiritual. Mereka juga dikelompokkan manusia yang sangat sehat, karena jarang sekali dihinggapi penyakit dalam tubuhnya. Mereka bahkan mengunjungi dokter hanya satu kali dalam beberapa tahun.

Oleh banyak orang, para Self Actualizer ini seringkali dianggap GAK MASUK AKAL atas banyak hal yang dilakukannya. Uniknya, para Self Actualizer inilah yang paling banyak melakukan pembaruan, inovasi, dan berbagai terobosan luar biasa untuk lingkungannya.

*Berikut ini adalah ciri-ciri para Self Actualizer, Kelompok Manusia di atas rata-rata:

1. Mereka menilai situasi secara obyektif, akurat dan jujur. Mereka bisa menilai kebohongan.
2. Mereka menerima kekurangan diri sendiri, kelemahan orang lain, serta pertentangan hidup.
3. Mereka tidak dapat dilarang, tidak perduli dengan apa yang dipikirkan negatif oleh orang lain, aktif dan terlibat (SPONTAN).
4. Mereka mempunyai misi, tugas, tujuan, di luar urusan diri pribadi yang harus diselesaikan.
5. Mereka BANYAK AKAL, relatif bebas dari ikatan budaya dan sosial tertentu, dan tidak tergantung dengan otoritas di luar dirinya.
6. Mereka sangat menikmati hidupnya. Mereka memiliki Keluguan dan Visi seorang anak kecil, yang terus memperbaharui rasa penghargaan terhadap anugrah kehidupan.
7. Mereka mempunyai keterikatan tinggi dengan Kemanusiaan.
8. Mereka mencintai, mempunyai ikatan-ikatan/ hubungan interpersonal yang mendalam dengan orang lain.
9. Mereka punya rasa HUMOR yang tidak menyinggung. Mereka suka mentertawakan diri sendiri dan kejadian hidup yang menggelikan.
10. Mereka sering mengalami Peak Experiences, yaitu memberi perhatian penuh, terpesona, dan terpikat terhadap sesuatu. Mereka juga mudah menerima ide, inspirasi, ilham, atau berbagai pengetahuan yang datang dari mana saja.

Apakah ada orang-orang di sekitar Anda yang memiliki ciri-ciri manusia "GAK MASUK AKAL" seperti di atas??

Kalau ya, mungkin mereka termasuk golongan SuperMAN ....atau kalau gak, yah masuk golongan SOPIR Man....hehehehe

George Bernard Shaw, seorang Pujangga Besar, pernah berkata : “Orang-orang yang masuk akal mengadaptasikan dirinya dengan dunia. Orang yang tidak masuk akal mengadaptasikan Dunia dengan dengan dirinya. Semua kemajuan bergantung pada orang-orang yang tidak masuk akal. “

*Disarikan dari buku PSYCHOSUFI: Terapi Psikologi Sufistik Pemberdayaan Diri , Chapter : Aktualisasi Diri (Dr. Lynn Wilcox) .


Ira Lathief, July 2009


“Mereka yang telah mengetahui dirinya, telah mengetahui Tuhannya.”
(Mohammad SAW)

4 comments:

Ilham Takayuki said...

wah benerkah, jagan jangan saya abnormal ,:(

Ilham Takayuki said...

wah benarkah seperti itu, jangan jangan saya abnormal :(

Ilham Takayuki said...

wah benarkah seperti itu.. jangan2 saya abnormal:(

ahyarros said...

Menarik sekali artikelnya. Sebagian artikelnya pun sudah saya baca. salam kenal Ahyar Ros

Baca Juga Yang Satu Ini

Ada Xanana Gusmao di Perayaan Mandi Mandi di Kampung Tugu tahun ini

Tahukah Anda, di ujung utara Jakarta, ada sebuah kawasan yang merupakan kampung Kristen tertua di Jakarta dan juga di Indonesia?  ...