MERDEKA ATAU MATI: Susahkah Jadi (Manusia) Merdeka??


Foto by Cassey


MERDEKA ATAU MATI:
Susahkah Jadi (Manusia) Merdeka?

Tes imajiner untuk mengetahui apakah kita sudah merasa
merdeka sebagai bangsa (baca : manusia).
(Pertanyaan 1)
Sebutkan 3 hal yang terlintas di kepala Anda tentang memperingati Hari Kemerdekaan??


(Sebage warga Negara yang sok baik, memperingati kemerdekaan bagiku selama ini adalah )

1.Kewajiban Upacara Bendera buat anak sekolahan (untung saat masuk kuliah udah kagak ada lagi tuh aturan!)
2. Ikut Lomba Balap Karung, Lomba Balap Bakiak, Lomba Makan Temen…eh Lomba Makan Krupuk, dsb. (biasanya selalu kalah, walaupun udah sikut sana sikut sini!) .
3. Inget lagu si Tasya (baca : LIBUR…tlah Tiba!! Hore….!! Hore…!)


(Pertanyaan 2)
Oke….lanjut .... Apa arti kemerdekaan buat hidup Anda??

(aah...ini sih pertanyaan kecil buatku.... gampil kayak upil)
“Kemerdekaan berarti Kebebasan. Maksudnya Kebebasan untuk memprotes apapun yang gak sejalan dengan pikiranku. Kebebasan menghakimi siapapun yang beda keyakinan denganku. Kebebasan ngacak-ngacak hidup orang lain. Kebebasan memaki-maki siapapun yang sedang jadi Presiden atau Penguasa . O iya...dan kemerdekaan itu berarti kebebasan melarikan diri dari kewajiban bayar pajak. Susahh bo..jadi orang bijak!”

(Pertanyaan 3)
Jadi… Apakah Anda sudah merasa merdeka setelah negri ini berdiri selama puluhan tahun??

(Wah..ini harus dikritisi serius, kan sesuai julukanku sebagai kiritikus unggulus doyanfulus)

“Merdeka sih Merdeka. Tapi negri ini makin terpuruk. Pemerintahannya semakin Korup. Hutang Negara menggunung. Maling teriak maling. Bencana ada dimana-mana. Belum lagi sistem pendidikan makin amburadul. Ngurus Sistem transportasi massal aja gak becus, kemana-mana jalanan macet. Tiap hari jadi males pergi ke kantor. Apa begini yang namanya merdeka?? ”


(Pertanyaan 4)
Weleh.....weleh.....si Komo aja ampe lewat!! Trus apa dong yang bisa dibanggain dari tempat Anda duduk saat ini??
(Nah...ini pertanyaan yang aku tunggu-tunggu...)
“Wah….. kalo itu gak ada sama sekali! Soalnya tempat ini makin kacau beliau… Semua orang sibuk sikut sana sikut sini. Tiap hari bikin stressss!! Gak ada deh sedikitpun yang bisa dibanggain sekarang! Pemimpinnya aja Gak beres ! Kalo bisa sih... pengen segera cabut deh ke Antah berantah”

(Pertanyaan 5)
Oke deeeh…., kalo gitu gimana caranya biar Anda bisa merasa merdeka sebagai manusia ???

(wahduuuh...susah banget siiiy pertanyaannya... )

“Hmm……Gimana yah?.....…Aduh…….apa ya? ....wah, maaf sudah lupa tuh!!“


Ok. Cukup kalau begitu. Terima kasih atas semua jawabannya.


Mohon tunggu…..Jawaban Anda sedang diproses.

-------------------
Berikut ini adalah hasil tes berdasarkan analisa dari tiap jawaban Anda:

Jawaban no. 1 :
Sebagai bangsa Indonesia, Anda susah jadi besar karena gak bisa menghargai siapapun yang telah berjasa untuk negri tempat Anda hidup. Kalau semua orang Indonesia seperti Anda.....Apa kata Dunia???

Jawaban no. 2 :
Selama dikuasai energi negatif, Anda tidak akan pernah bisa merasa merdeka. Walaupun bisa menguasai pihak lain, tapi sebenernya posisi Anda adalah korban dan pecundang sejati. Ingatlah bahwa orang culas, niscaya nasibnya akan naas dan memelas. Kalau Anda sering berpandangan sempit dan sinis, hidup bisa sulit dan berakhir tragis. Waspadalah!! Waspadalah!!

Jawaban no. 3:
Sebagai warga Negara Anda sungguh tak tahu malu, selalu menuntut ini itu. Padahal kontribusi Anda tak ada seujung kuku! Apalagi kalo disuruh bayar pajak langsung buru-buru ambil langkah seribu! Dasar Anda Kepala Batu!

Jawaban no. 4 :
Anda kurang bisa mensyukuri apa yang sudah Anda miliki. Anda juga terlalu egois karena selalu merendahkan segala hal di sekitar Anda . Hal itu bikin Anda sulit berkembang dan tak mampu menggali potensi terdalam dari diri Anda . Potensi Anda untuk menjadi manusia merdeka sangat minim. Karena Anda tidak mau peduli dengan dunia tempat Anda berpijak sekarang, mungkin Anda jauh lebih berpotensi jadi jin tomang atau jin iprit.

Jawaban no. 5:
Sebagai manusia, otak Anda sangat jarang digunakan. Mungkin presentasi pengunaannya hanya menyerupai otak udang.



KESIMPULAN:
Apakah Anda sudah merasa merdeka atau belum sebagai manusia, tergantung dari bagaimana pikiran yang ada di otak Anda. Kalau gak pingin selalu merasa terjajah dan Anda ingin nasib berubah…..Cuci Otak dulu sanah di antah berantah!!

------------------------

" Terlepas dari apakah Anda berpikir Anda bisa atau Anda tidak bisa, Anda benar dalam keduanya"
(Henry Ford 1863-1947)

(Inspired by The Secret/ Rhonda Byrne , liat review-ku atau liat websitenya)

11 comments:

NiLA Obsidian said...

hahahaha....top bgt Ra...menohok tembus sampe tulang punggung hihihi...

cerdas dan tidak beradab hahaha

the fool said...

Kuis jebakan batman, huehue.

BTW, Ira, DVD-nya The Secret dapat dari mana? Dijual bebaskah?

putri_angga said...

kita belom MERDEKA mbak,,, kita dijajah sama bangsa kita sendiri....
mending dijajah ama bangsa asing, heheh
(nanti banyak ngeliat bule cakep,,,hahahah)

Vina Revi said...

Iraaaaa ... u're really my Rockin' Girl Blogger!

Ale said...

jadi inget pepatah yang kira-kira berbunyi eh bertuliskan:

"Bukan apa yang sudah negara berikan kepada kita, tapi apa yang bisa kita berikan pada negara!"

Bukan saatnya terus mengeluh ya Ra!

Kinoy said...

bagaimana merasa merdeka, lha wong minyak saja susah dicari...

anangyb said...

Aku sih sederhana aja harapannya..., yang penting masih MERDEKA untuk ngeBLOG...!

Tukang Ketik said...

gue agak kurang suka dengan ini:
"kemana-mana jalanan macet."

kota besar manapun juga macet termasuk New York. Kalau ga mau kena macet:
- brangkat lebih pagi
- sewa kos/apartemen dekat kantor

just my simple thought. And I really love this post.

jenkplanet said...

Tuh kan gw bilang, kalo pikiran kita ini masih ada turunan engkong bule....kompeni.

Inget, buah jatuh ngga jauh dari yang punya pohon..

Siti Sarah Lilis W. Utami said...

Mbak'e..udah merdeka blun?:D

Siti Sarah Lilis W. Utami said...

Mbak..merdeka!!!:D

Baca Juga Yang Satu Ini

Ada Xanana Gusmao di Perayaan Mandi Mandi di Kampung Tugu tahun ini

Tahukah Anda, di ujung utara Jakarta, ada sebuah kawasan yang merupakan kampung Kristen tertua di Jakarta dan juga di Indonesia?  ...